Pure It dari Unilever, Menantang Aqua Galon!


PURE ITSetelah kabarnya sukses di India, Unilever mulai memasarkan Pure It di Indonesia. Water purifier tanpa menggunakan listrik maupun gas ini dibanderol dengan harga murah, Rp. 500.000,- saja ! Produknya mulai tersedia di Hypermart dan juga LotteMart, dan saya rasa akan segera hadir di retailer lain.


Unilever ,seperti biasa,tidak tanggung-tanggung menggelar upaya komunikasi produk barunya ini. Iklan yang berseliweran di berbagai media, juga didukung aktifasi Below The Line dengan membuka stand-stand di retailer.
Dengan harga hanya Rp. 500.000,- , Pure It bukan hanya membuat produk Water Purifier terjangkau, ditambah dengan jaminan nama Unilever. Tetapi secara tidak langsung, Pure It menantang dominasi penggunaan Aqua galon sebagai air minum, terutama di perkotaan. Dengan harga Aqua galon sekitar Rp.10.000,- , dan misal penggunaan di rumah selama sebulan sebanyak 10 galon, maka harga Pure It sama dengan harga kebutuhan Aqua galon selama 5 bulan. Sedangkan Pure It ini bisa dipakai terus-menerus, jadi ujungnya Pure It lebih efisien dibanding Aqua galon.
Tapi tidak semudah itu Pure It bisa menggeser Aqua galon. Aqua pun butuh waktu lama sehingga bisa diterima oleh pasar, terutama menggantikan air yang dimasak. Sementara perasaan meminum “air mentah” mungkin akan menjadi penghalang Pure It diterima pasar, sehingga diperlukan edukasi gencar bahwa air dari Pure It sudah aman dikonsumsi.
Bagaimana menurut anda ? Apakah Pure It akan berhasil ?

Previous
Next Post »